BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Tes CPNS DIY Menggunakan Sistem Komputerisasi

Tes CPNS DIY Menggunakan Sistem Komputerisasi

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bertempat di Youth Centre Sleman. Yogyakarta, terlihat tertib dan tenang. Tes CPNS yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah DIY diikuti sebanyak 10.326 peserta, 9.992 lulusan SI, 305 lulusan D3, dan sisanya 29 peserta lulusan S2. Namun ribuan peserta tersebut akan diseleksi menjadi 142 peserta, yang diklasifikasikan menjadi 3 bidang, 4 orang dibidang pendidikan (Guru), 7 orang dibidang kesehatan , dan sisanya 136 di bidang teknis. Tes CPNS hari ini sudah memasuki hari kedua, ini hasil Tim Humas memanatau kegiatan Tes CPNS di lokasi Youth Center, pada hari kamis ( 25/9)

Menurut Panitia pelaksanaan tes dalam satu hari dibagi dalam 4 sesi yang akan berlangsung selama 7 hari dan dalam 2 hari terakhir tanggal 29 dan 30 September 2014. Lokasi peserta akan diparalel di Youth Centre dan STMIK Akakom

Ditambahkan oleh panitia bahwa sebelum mengikuti tes, para peserta mengikuti seleksi administrasi, seleksi ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kecurangan. Tes terdiri dari 3 bagian, pertama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), kedua, Tes Intelegensi Umum (TIU), dan yang terakhir Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Panitia juga menjelaskan bahwa, Tes CPNS tahun 2014 ini pertama kalinya menggunakan sistem komputerisasi , sehingga dalam waktu 30 menit selesai mengerjakan soal, para peserta dapat langsung melihat rangking dan hasil ujian melalui LCD Monitor yang disediakan oleh panitia.

?Pelaksanaan Tes CPNS dengan sistem komputerisasi berjalan dengan lancar karena sebelum ujian ada video yang menjelaskan caranya walaupun ada beberapa komputer yang tidak bisa login.? Jelas peserta tes (Iskak, mahasiswa UPN jurusan Informatika).

Panitia tidak berhak untuk memutuskan lulus atau tidaknya bagi peserta Tes CPNS, karena keputusan ditentukan oleh pusat, disamping itu hingga saat ini standart belum ditentukan juga dan rencana keputusan lulus atau tidak lulus bagi para peserta Tes CPNS dari pusat akan diumumkan sekitar bulan November-Desember 2014 .( Silvya/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY