BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita PENGUCAPAN SUMPAH/JANJI KETUA DPRD DIY

PENGUCAPAN SUMPAH/JANJI KETUA DPRD DIY

Dalam Rapat Paripurna Istimewa Masa Persidangan ke III Tahun Sidang 2014 DPRD DIY tadi siang, Rabu (08/10) dilaksanakan Peresmian Pengangkatan dan Pengucapan sumpah/janji Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY masa jabatan tahun 2014 ? 2019 di Gedung DPRD DIY, Jl. Malioboro nomor 54 Yogyakarta, yang dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPRD DIY, H Yoeke Indra Agung Laksana, SE.

Sebelum dilaksanakannya pengambilan sumpah yang dipandu oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Yogyakarta, Sugeng Ahmad Yudhi, SH disampaikan laporan pimpinan sementara DPRD DIY yang dibacakan oleh Arif Nur Hartanto, SIP.

Peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD DIY tersebut berdasar Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 161.34-3695 tahun 2014.

Sesudahnya dilaksanakan penyerahan kepemimpinan DPRD DIY dari Pimpinan sementara kepada pimpinan definitif DPRD DIY yang secara simbolis ditandai dengan penyerahan palu oleh Arif Nurhartanto, SIP sebagai wakil ketua sementara kepada H Yoeke Indra Agung Laksana, SE sebagai Ketua DPRD DIY masa jabatan Tahun 2014 ? 2019 didampingi Pimpinan definitif lainnya yaitu : Hj. Ranny Widayati, SE, MM dan Derma Setiawan, MBA.

Seusai diambil sumpahnya, Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa dengan adanya pimpinan definitif DPRD DIY maka ketugasan dewan segera dapat berjalan secara optimal.

Keistimewaan Yogyakarta merupakan akselerator penting terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Selain itu menurut Yoeke, pelaksanaan pelantikan ini memaknai bukan sebagai bentuk perayaan melainkan merupakan refleksi tulus dan jujur atas tantangan kedepan.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X mengemukakan bahwa bagaimana sumpah dan janji yang terucap oleh pimpinan DPRD DIY dapat merasuk menjadi komitmen yang wajib diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dan rakyat menunggu janji partai politik.

Sultan HB X juga berharap agar Fraksi di DPRD DIY yang berperan tidak hanya untuk menentukan mengambil keputusan tetapi menjaga kualitas anggota DPRD DIY yang merepresentasikan pluralitas aspirasi dan kepentingan masyarakat DIY. Dengan cara ini politik yang berlangsung di DPRD DIY dapat semakin dekat dan seiring dengan perkembangan aspirasi, tututatan dan kepentingan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX, Jajaran Forkompimda DIY, Para Kepala Instansi Vertikal , Pejabat SKPD DIY serta tamu undangan. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY