BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kunjungan Diklat Sesparlu ke DIY

Tadi pagi, Kamis (09/10) di Ndalem Ageng Kepatihan Yogyakarta Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX didampingi Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal DIY, Drs. D Supratikto menerima Diklat Sesparlu (Sekolah Staf dan Pimpinan Kementrian Luar Negeri) Internasional ke-13.

Rombongan terdiri dari 25 orang diplomat senior Indonesia yang pernah ditempatkan dibeberapa perwakilan di luar negeri dan 8 diplomat senior dari China, Fiji, Kamboja, Korea Selatan, Palestina, Sekretariat MSG, Vabuatu dan Vietnam.

Adapun maksud kunjungan kebudayaan ke DIY adalah untuk bertatap muka dan bertukar pikiran dengan aparat pemerintah daerah mengenai potensi yang dimilki DIY, terutama di bidang budaya dan pariwisata. Hal itu dimaksudkan agar para peserta, terutama peserta asing akan menjadi promoter tentang potensi DIY di Negara masing-masing.

Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX sangat antusias menyambut kedatangan para diplomat senior tersebut. Wagub DIY mengenalkan kondisi demografi DIY. Walaupun dengan luas wilayah relatif sempit, hanya sekitar 3.185,80 Km2 atau 0,17 % dari luas Indonesia, namun tersedia banyak lembaga pendidikan di Yogyakarta, sehingga banyak pelajar maupun mahasiswa belajar di DIY.

Dengan kunjungan ini diharapkan dapat mempromosikan potensi yang ada di DIY kepada masyarakat dunia terutama mengenai budaya adiluhung yang dipunyai DIY dan berbagai potensi pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, tambah Paku ALam IX. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY