BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Delegasi Dagang Brunei Darusalam Sangat Tertarik dengan Potensi Ekonomni Yang Ada Di DIY

Delegasi Dagang Brunei Darusalam Sangat Tertarik dengan Potensi Ekonomni Yang Ada Di DIY

Sinyal dibentuknya Joint Committe antara Pengusaha DIY dengan Pengusaha Brunei Darusalam sebagai mana diharapkan Gubernur DIY dalam pertemuan semalam (Kamis,09/10) di Kraton Yogyakarta dari kunjungan dan pertemuannya Pengusaha Brunei Darusalam dengan Pengusaha di Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata telah dtangkap para pengusaha Yogyakarta ketika mengawalinya pembicaraan dagang tersebut di Joglo Plawang,Kabupaten Sleman siang kemarin (Kamis,09/10).

Menurut penjelasan Ketua Kadinda DIY HR.Gonang Djuliastono pada reporter www.jogjaprov.go.id seusai jamuan makan malam semalam (Kamismalam,09/10) yang diselenggarakan Gubernur DIY mengatakan bahwa setelah rombongan tiba di Yogyakarta langsung disambut dan diajak ke Joglo Plawang untuk mengadakan temu bisnis dengan para pengusaha yang ada di DIY dan langsung antar pengusaha melakukan pertemuan pembicaraan sesuai bidang masing-masing misalnya siapa yang berminat di bidang batik kita temukan pengusaha batik, bidang pertanian kita temukan pengusaha pertanian Brunei, bidang peternakan kita temukan dengan pengusaha peternakan dan biasa pada awalnya penjajagan, namun pada akhirnya pembicaraan mulaui mengerucut. Dalam kesempatan itu juga lanjut Gonang ditampilkan fashion motif batik dan mereka sangat tertarik dengan busana batik motif Yogyakarta.

Mengingat ketertarikan pengusaha Brunai sangat tinggi makan tandas Ketua Kadin tersebut akan langsung ditindak lanjuti, dan pada bulan November 2014 besok Tim dari Yogyakarta juga akan berkunjung ke Brunei Darusalam dan difasilitasi Duta Besar Brunai untuk Indonesia sekaligus mengikuti pameran potensi Yogyakarta. Selain itu juga nantinya rombongan dari Yogyakarta akan diajak untuk melihat perusahaan para pengusaha yang hadir pada malam ini. Tambah Gonang.

Menyinggung harapan Gubernur DIY terbentuknya Joint committe tersebut Gonang lebih lanjut menyatakan bahwa dalam waktu dekat ini Kadin DIY juga akan menerima Kadin Madinah dan telah disiapkan MoU antara Kadin DIY dengan Kadin Madinah dengan draft bahsa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Demikian juga Kadin Aljajair juga minta draft yang sama karena juga berminat kerjasama dengan DIY.

Oleh karena dengan joint Committe ini akan ditindak lanjuti bersama dengan Konsul Jendral Widagdo di Brunei untuk merealisasikan harapan ngarso dalem terseb ke Brunei Darusalam MoU itu kita siapkan tinggal mungkin memperbaiki kalimatnya saja. Kalau sister city sudah tidak memungkinkan, tetapi harapannya nanti kerjasama tersebut melalui antar kadin saja agar lebih fleksibel.

Sementara itu Pangeran Haji Aris Bin Haji Durrahman dari Brunei Darusalam terkait dengan usulan dibentuknya Joint committe

?

tersebut sangat menyambut baik, karena menurutnya telah berbicara banyak dengan kelompok-kelompok pengusaha Yogyakarta. Dari pembicaraan tersebut sudah sepakat nanti di bulan November menendatang kesepakatan tersebut sudah bisa direalisasikan.

?Kebetulan saya sudah mengadakan pembicaraan dengan pengusaha di Sleman khusus peternakan, bahkan kemarin saya sempat melihat peternakan sapi dan kambing disana saya sangat senang dan tertarik sekali?. Tandas Pangeran Haji Aris Bin Haji Durrahman.(Kar/Skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY