BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Kerjasama KADIN DIY Dengan KADIN Madinah Arab Saudi Di Tandatangani

Kerjasama KADIN DIY Dengan KADIN Madinah Arab Saudi Di Tandatangani

Hari Senin,12/10 bertempat di Bangsal Ndalem Ageng, Kepatihan Yogyakarta Memorandum of Understanding (MoU) antara Kadin Madinah Arab Saudi dengan Kadin Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia ditanda tangani masing-masing oleh Ketua KADIN DIY HR.Gonang Djuliastono dan Ketua KADIN Madinah Arab Saudi Dr.Muhammad Farachk

?

Khuthorawi yang disaksikan Konjen Indonesia di Jedah Dharma Kifri dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Dr.Ir.Didiek Poerwadi serta jajaran pengurus Kadin DIY maupun Madinah.

HR.Gonang Djuliastono dalam kata sambutannya menyatakan bahwa, dengan telah ditandatangani MoU antara Kadin DIY dengan Kadin Madinah akan berlanjut sesuai dengan hasil pembicaraan ke dua organisasi ini yang telah dirintis sejak 3-4 bulan lalu secara bee to bee yang meliputi bidang industri, konstruksi, tekhnologi, Tekhnologi Informasi/TI, makanan, termasuk kerjasama dengan Rumah Sakit bahwa serta investasi dibidang lainnya.

Menurut Ketua Kadin DIY Gonang sebenarnya Kadin DIY telah lama menjalin komunikasi kerjasama dengan Kadin Madinah bahkan Kadin DIY telah berkunjung ke Kadin Madinah Arabsaudi dan diterima Wakil Ketua Kadin Mr.Muhammad Ali.

Sangat tepatlah kadin Madinah Al Munawaroh menjalin kerjasama dengan Yogyakarta, karena Yogyakarta disamping dikenal sebagai kota pariwisata, budaya, pendidikan juga kota industri kreatif sehingga kerjasa ini menjadi peluang usaha bersama yang saling menguntungkan.

Sementara itu Konjen RI di Jedah Arabsaudi Dharma Kifri selain mengapreasi dan mengucapkan terimakasih terjalinnya kerjasama antara Kadin Yogyakarta dengan Kadin Madinah Arabsaudi ini, membuktikan adanya kedekatan mendalam antara Yogyakarta,Indonesia dengan Madinah Al Munawaroh Arab Saudi bukan saja antar pemerintah tetapi juga dalam rangka peaple to peaple contact. Diharapkan kerjasama ini dapat dimanfaatkan secara optimal , tidak saja dalam pembangunan ekonomi, perdagangan dan investasi di kedua wilayah akan tetapi juga memberikan nilai kemanfaatan pembangunan nasional di kedua negara.

Dikatakan Dharma Kafri bahwa dalam kurun dua tahun terakhir hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia Arabsaudi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2011 nilai perdagangan oleh kedua negara tercatat mencapai 6,8 milyar dolar (U$A), dan pada tahun 2012 Naik menjadi 6,9 milyar dolar (U$A) serta tahun 2013 kembali naik menjadi 8,2 milayar dolah (U$A).

Dengan ditandatanganinya MoU ke depan trend perdagangan dapat terus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan, namun untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan kerja keras dan solit oleh semua pihak, baik indonesia maupun Arab Saudi.

Sedangkan Asisten Perekonomian dan pembangunan Sekda DIY Dr.Ir.Didiek Poerwadi.M.Ec mengatakan dengan terjalinnya kerjasama ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat bagi kedua wilayah ini.

Seusai pertemuan dengan jajaran Kadin DIY, hari ini akan dilanjutkan dengan pertemuan seluruh pengusaha DIY untuk be to be dengan Pengusaha Madinah pembicaraan lebih lanjut di Sekar Kedaton,Kotagede, Kota Yogyakarta dan diharapkan dapat membuahkan hasil dalam kerangka kerjasama lebih panjang dan luas lagi.(kar/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY