BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Puncak acara hari aksara internasional ke-49 tingkat DIY

Puncak acara hari aksara internasional ke-49 tingkat DIY

Sekda DIY menyaksikan penandatanganan kerjasama pemberantasan buta aksara antara Pemda DIY dengan Kabupaten/Kota pada acara Puncak Hari Aksara Internasional ke-49. Foto: wj.

Daerah Istimewa Yogyakarta memang bukan merupakan kantong buta aksara, namun jumlah penduduk buta aksara pada tahun 2013 masih banyak yaitu sekitar 82.076 jiwa, yang tersebar di Kabupaten/Kota se-DIY dan dapat digolongkan pada kelompok umur 15-24 tahun, 25-44 tahun dan 45-59 tahun.

Hal demikian disampaikan Gubernur DIY? Hamengku Buwono? X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekertaris Daerah DIY Drs. Ichsanuri pada acara Puncak Hari Aksara Internasional ke 49. Tingkat DIY, yang dilaksanakan? di gedung olahraga Amongrogo, Yogyakarta tadi pagi rabu (15/10)

Lebih lanjut gubernur mengatakan berkaitan dengan tema yang diangkat pada peringatan Hari Aksara Internasional ke-49 yakni ? Aksara Membangun Karakter dan Keunggulan Yang Berkelanjutan ? kiranya tema tersebut sangat tepat dan selaras dengan kondisi yang serba modern saat ini, sekaligus sesuai dengan tujuan dari peringatan di tataran Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu:

    1. Memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Tingkat Provinsi,???? Kabupaten/Kota tentang pentingnya penuntasan buta aksara;
    2. Menyosialisasikan kebijakan dan hasil-hasil penuntasan buta aksara di daerah?
    3. Mengingatkan kembali konsesnsus agar melakukan aksi nyata dalam memerangi kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan? Pemuda dan Olahraga DIY.Drs. Kadarmanta Baskara Aji. selaku ketua panitia melaporkan bahwa Dinas Dikpora DIY, telah menyelengarakan kegiatan penuntasan buta aksara dengan program pengembangan pendidikan keaksaran. Dari program yang dilakukan itu, garapan penuntasn buta aksara dari tahun 2010 sampai dengan 2013 baru mencapai 10.000 jiwa

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati dan Wali kota se DIY, Kepala SPKD Lingkungan Pemda DIY, serta? Kepala Dinas Pendidikan se Kabupaten/ Kota di DIY, dan? Kelompok Belajar Masyarakat (KBM) se DIY , para tamu undangan.(bin/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY