BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Yogyakarta Mempunyai ?Kemelekan? Tinggi di Bidang TI

Yogyakarta Mempunyai ?Kemelekan? Tinggi di Bidang TI

?

Gubernur DIY berbincang-bincang dengan Dubes India untuk Indonesia dalam rangka penjajakan kerjasama di bidang TI. Foto: hdi.

?

Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, tadi siang bertemu dengan Gubernur DIY, Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta untuk membicarakan kemungkinan-kemungkinan kerjasama antara India dan DIY di bidang TI (Teknologi Informasi).

Sultan HB X mengapresiasi keinginan India untuk bekerja sama karena Yogyakarta merupakan pengguna terbesar TI di Indonesia. Hal ini dilakukan bagi Gurjit Singh, memenuhi himbauan Sultan HB X yaitu tidak hanya dalam wujud hubungan mengenai kebudayaan saja yang dilakukan, namun juga di bidang yang lain, khususnya TI perlu diselenggarakan. Salah satu yang terkesan bagi India adalah adanya jumlah siswa yang banyak belajar di Yogyakarta, yang mempunyai proporsi yang sangat tinggi dan juga karena Yogyakarta mempunyai tingkat ?kemelekan? tertinggi penggunaan TI di Indonesia.

Sebelumnya rombongan telah bertemu dengan delegasi TI Yogyakarta dan sebagai tindak lanjuntanya adalah India mengundang delegasi Indonesia untuk melihat India dengan membentuk semacam pusat inkubasi dan menawarkan keterampilan TI untuk masyarakat Yogyakarta.

Menurut Singh, tingkat kemampuan TI masyarakat Yogyakarta sangat tinggi dan bagaimana dapat melakukan studi market yang bagus untuk pengembangannya, sehingga akan berkembang untuk menentukan apakah yang dijangkau pasar ASIA ataupun ASEAN.

India akan memberikan beasiswa untuk masyarakat TI di Yogyakarta, yang akan diadakan dalam wujud program Training of Trainers. Dengan penggunaan TI ini akan mendorong untuk kemajuan masyarakat Yogyakarta sendiri.

Turut serta dalam pertemuan tersebut delegasi bisnis di bidang TI India maupun dari Yogyakarta. (teb)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY