BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Upacara Puncak Hari Koperasi ke-67 DIY

Upacara Puncak Hari Koperasi ke-67 DIY

Koperasi sebagai bentuk usaha perekonomian sebagaimana diamanatkan pasal 33 UUD 1945, mendapat perhatian dalam pembangunan di DIY, untuk berperan nyata dalam perekonomian berdasar asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran masyarakat, demikian sambutan tertulis Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, yang dibacakan Bupati Sleman Drs.H.Sri Purnomo, MSi, pada upacara Hari Koperasi ke-67 Tingkat Propinsi DIY, di lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Selasa (4/11) pagi

Kegiatan ini dihadiri Kepala Disperindakop dan UKM DIY, Karo Administrasi Perekonomian dan SDA DIY, perwakilan Polda DIY dan Korem 072/Pmk, SKPD terkait DIY, serta Jajaran Forkompimda Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut disampaikan, untuk mewujudkan misinya setiap koperasi di DIY, diharapkan dapat terus mengembankan dan memberdayakan diri agar tumbuh kuat dan mandiri, hingga mampu mensejahterakan anggotanya dan masyarakat.

?Untuk mmencapai hal tersebut kegiatan koperasi diselenggarakan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945, harus dapat memperbaiki kualitas sehingga dapat mencapai kondisi yang diharapkan? tegasnya.

Dalam peningkatan kualitas koperasi Sultan HB X berharap adanya diklat, pendampingan, pembinaan, pengawasan serta pemeringkatan, meliputi pengembangan Koperasi Siswa (Kopsis), Koperasi Mahasiswa (Kopma), pengawasan, Kemitraan pembenahan dan pembubaran koperasi yang tidak baik.

Dengan adanya tata ekonomi nasional dan global yang semakin dinamis, seperti ASEAN Ekonomic Community (AEC) 2015, koperasi harus siap mencermati tentang aturan nilai dan prinsip koperasi, status badan hukum, modal, kepengurusan serta peran stakeholders, termasuk peran Pemerintah Daerah.

?Koperasi harus dikelola secara professional dalam arti kemampuan dan tanggung jawab, efisiensi dan efektifitas, yang dapat menjamin terwujudnya nilai tambah yang optimal, selanjutnya anggota harus secara bersama-sama menggunakan jasa koperasi untuk memenuhi kebutuhannya?,pungkas Sultan.

Peserta upacara dari perwakilan koperasi se DIY, Koperasi TNI dan Polri, Kopsis dan Kopma, dilanjutkan penyerahan Tropi kepada Koperasi berprestasi, oleh Bupati Sleman didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia DIY, Ir.H.Syahbenol Hasibuan, diakiri peninjauan keliling pameran potensi koperasi se DIY.(idr/ip/skm).

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY