BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Panitia Hari Ibu Tingkat DIY Selenggarakan Sosialisasi Kanker di Pasar Lempunyangan

Panitia Hari Ibu Tingkat DIY Selenggarakan Sosialisasi Kanker di Pasar Lempunyangan

Panitia peringatan Hari Ibu ke-86 DIY menyelenggarakan sosialisasi peduli kanker kepada Ibu-ibu pedagang di Pasar Lempuyangan, Kota Yogyakarta, Rabu (26/11). Maksud terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan, terutama Ibu-ibu.

Menurut Ketua IV, Linda Dadio dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi kanker dapat mencegah angka penderita kanker di DIY. Sehingga kiprah perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, lebih optimal guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Selanjutnya, selaku pembicara, yaitu dr. Shinta Prawitasari dari RSUP Sardjito Yogyakarta, menuturkan bahwa, angka penderita penyakit kanker leher rahim di Indonesia masih relatif tinggi. Padahal penyakit kanker ini merupakan penyakit yang mampu dicegah.

?Kanker leher rahim disebabkan oleh virus HPV yang menyerang organ reproduksi perempuan, tepatnya di daerah leher rahim. Sementara itu, upaya pencegahan terhadap kanker ini masih tergolong rendah.? ungkap Shinta.

?Untuk itu, upaya mengenali lebih dini gejala kanker leher rahim akan sangat membantu perempuan terkena penyakit tersebut. Sebab proses berkembangnya membutuhkan waktu yang panjang, sekitar 10 hingga 20 tahun. ? lanjut Shinta.

Sosialisasi yang berjalan santai dan hangat, turut dihadiri pada acara sosialisasai adalah 5 komponen organisasi wanita se-DIY, Lurah Lempuyangan, Kepala Pasar Lempuyangan, beserta para pedagang pasar. (ham/skm)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY